Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Daerah HM Ryacudu Kotabumi Tahun 2011

Authors

  • Sono Sono Prodi Keperawatan Kotabumi
  • Lisa Suarni Prodi Keperawatan Kotabumi

DOI:

https://doi.org/10.26630/jkm.v5i1.1410

Keywords:

Kinerja Perawat

Abstract

Kinerja perawat merupakan unjuk kerja yang ditampilkan oleh setiap perawat saat memberikan layanan keperawatan kepada pasien baik langsung maupun tidak langsung. Penampilan hasil kerja tidak terbatas pada personel pemangku jabatan fungsional tetapi juga struktural. Rumah Sakit Daerah HM Ryacudu sebagai organisasi pelayanan kesehatan, wajib memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, sehingga kepuasan pemakai jasa dapat terpenuhi dengan baik. Seringkali rumah sakit mendapat komplain masyarakat terkait dengan layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara persepsi, desain pekerjaan, sarana & prasarana, kebijakan motivasi dan gaji dengan kinerja perawat pelaksana di RSD HM Ryacudu Kotabumi. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan teknik pengambilan data cross sectional, dengan jumlah sampel sebanyak 110 perawat pelaksana. Hasil analisis secara bivariat, dengan menunjukkan bahwa desain pekerjaan, sarana dan prasarana, kebijakan, supervisi dan gaji berhubungan dengan kinerja. Penelitian ini peneliti memberikan rekomendasi agar pihak manajemen rumah sakit senantiasa memberikan perhatian yang lebih terutama pada aspek psikologis perawat dan aspek organisasi seperti, memberikan pekerjaan yang lebih variatif (rooling pegawai), kebijakan yang lebih akomodatif, gaji serta supervisi yang terprogram.

References

Adikoesoemo, S. (2002). Manajemen Rumah Sakit. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Azwar, A. (1996). Pengantar Administrasi Kesehatan. (edisi ketiga). Jakarta : Binarupa Aksara.

Departemen kesehatan RI. (1994). Instrumen Evaluasi penerapan Standar Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit. Jakarta : Depkes RI.

Gillies, D. A. (1994). Nursing management a System Approach. (2nd ed). Philadelphia : W. B. Saunders Company.

Gibson, J.L. (1997). Organisasi : Perilaku, Struktur, Proses. Jakarta : Erlangga.

Ilyas, Y. (2002). Kinerja : Teori, Penilaian dan Penelitian. (cetakan ketiga). Jakarta : Pusat Kajian Ekonomi FKM UI.

Kron. (1987). The management Patien Care. (6th ed). Philadelphia : WB Saunders.

Loveridge & Cuming. (1996). Nursing Manajemen in the New Paradigm. Maryland : An Asper Publication.

Marquis, B.L., & Huston, C.J. (2000). Leadership Roles and Management Functions in Nursing : Theory and Application. (3th ed). Philadelphia : Lippincot.

Monica, E. L. (1998). Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan (Nurrachmah, E., & Waluyo, A : Penerjemah). Jakarta : EGC.

Murray. (1997). Leadership and Management in Nursing. (2nd ed). USA : Appleton & Lange.

Polit, D.F., & Hungler B. P. (1999). Nursing Research, Principles and Methods (6th ed). Philadelphia : Lippincot Campany.

Riyadi. (1994). Tantangan Industri Rumah Sakit 2020. Jurnal Rumah Sakit.

Robbins, S.P. (2001). Perilaku Organisasi Konsep Kontroversi AplikasiI. (edisi kedelapan). Jakarta : PT Prehallindo.

Salam, B. (2000). Etika Individual : Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta : Ronela Cipta.

Swanbyrg, R.C & Swanburg R. J. (1999). Introductory Management and leadership for Nurse. (2th ed). Boston : Jones & Barlett Publishers.

Thoha, M. (2002). Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. (cetakan ke tiga belas). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2019-06-10