Hubungan Kebiasaan Merokok Dengan Kadar LDL (Low Density Lipoprotein) Pada Pria Usia Produktif Di Dusun Tengklik Karangbangun Matesih Kabupaten Karanganyar

Arum Pravitasari, Sulasmi Sulasmi

Abstract


Low Density Lipoprotein (LDL) merupakan jenis lipoprotein yang paling banyak mengangkut kolesterol di dalam tubuh. Kebiasaan merokok merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kadar kolesterol LDL, dimana nikotin yang merupakan salah satu unsur pada rokok merangsang sekresi katakolamin, meningkatkan lipolisis, dan meningkatkan asam lemak bebas. Kadar kolesterol LDL yang berlebihan dalam darah akan meningkatkan resiko penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah arteri yang diikuti dengan terjadinya aterosklerosis. Tujuan dalam penellitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan  kebiasaan merokok terhadap kadar LDL, dan untuk mengetahui kadar LDL pada pria usia produktif berdasarkan jumlah mengkonsumsi rokok perhari. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan Cross sectional dan menggunakan metode pemeriksaan  enzimatik untuk kadar LDL. Populasi dalam penelitian ini total pria usia produktif di dusun Tengklik Karangbangun Matesih Karanganyar.

 Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 sampel yang sesuai kriteria inklusi dan ekslusi yang bersedia menjadi responden.  Data dianalisa dengan uji  Kruskal Wallis melalui program SPSS versi 23. Hasil penelitian yang dianalisis diperoleh nilai p sebesar (0,000). Dalam penelitian ini berdasarkan hasil uji statistik dilakukan dapat disimpulkan bahwa didapatkan hasil ada hubungan antara kebiasaan merokok  dengan kadar LDL pada pria usia produktif di Dusun Tengklik Karangbangun Matesih Kabupaten Karanganyar.


Keywords


Low Density Lipoprotein (LDL), Kebiasaan merokok, Perokok, Pria

Full Text:

PDF

References


Adeatma, N. W. 2014. Uji Efektivitas Protein Biji Melinjo (Gnetum gnemon L.) Terhidrolisis Sebagai Hepatoprotektor Terhadap Radikal Bebas Dalam Mencegah Peningkatan Kadar SGOT dan SGPT Tikus Wistar Yang Diinduksi CCL4. Skripsi. Universitas Jember. Jember.

Adiputra, K, A, A. 2013. Gambaran Kebiasaan Merokok Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Pekutaan I Kabupaten Jembrana. Jurnal ISM Fakultas Kedokteran Udayana.

Sutrisna B, Surtidewi L, Jusuf A, Hudoyo A, Kusmana D, Setianto B, et al. Estimating The Annual Cost of Smoking-Related Diseases in Indonesia. MEDIA Med Indones. 2009 ; 43 (18) : 247 – 53. Dalam Raditya adi, dkk. Gambaran kadar kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) pada perokok aktif. Meditory. ISSN Online: 2549 – 1520, ISSN Cetak: 2338 – 1159, Vol. 6, No. 2. Desember 2018

WHO. Cardio Vascular Disease. 2011. Available from :http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs317/en/index.html Access on : 22 September 2013.

Balamba.,M.K, dkk. 2017. Animasi 3 Dimensi Penyakit Jantung Koroner Pada Manusia. E-Journal Teknik Informatika Vol 11, No. 1 (2017)Tekno. Informatika Universitas Sam Ratulangi

Lintong, P, M. Perkembangan Konsep Patogenesis Aterosklerosis. Jurnal Biomedik, Volume 1, Nomor 1, Maret 2009, hlm, 12 – 22.

Sahnia, AM., Damajanty HCP. dan Joice NAE., 2015. Gambaran kadar kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) pada masyarakat perokok di pesisir pantai. Jurnal eBiomedik. 3(1), pp: 460-465.

Soegiarto, dkk. 2015, Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, Surabaya. Airlangga University Press (AUP)

Sargowo D, Andarini S. Pengaruh komposisi asupan makan terhadap komponen sindrom metabolik pada remaja. Jurnal Kardiologi Indonesia. 2011;32:14-23.

Hainun Nisa,Dita Ellyana Artha, Risma. Jurnal Media Laboran, Volume 8, Nomer 1, Mei 2018.

Graha, 2010, 100 Questions & Answers Kolesterol, Jakarta. PT.Elek Media Komputindo

Kaparang P., Sunny W dan Marie K., 2013.Perbandingan kadar Low Density Lipoprotein Cholesterol (LDL-C) pada perokok dan bukan perokok. Jurnal e-Biomedik. 1(1),pp: 550-554.

Juliani, dkk, 2017. Gambaran Kadar Low Density Lipoprotein (LDL) pada Remaja Perokok dan bukan Perokok di Dusun Buyan, Desa Pancasari, Sukasada, Buleleng, Bali. Chemistry Juli Vol. 4 No 1.

Masyeni, 2018. Remathoid Atritis. Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ujiani sri, Gambaran Kadar Low Density Lipoprotein (LDL) Cholesterol dan Creatinin Kinase-Myocardial Band (CK-MB), Jurnal Analis Kesehatan : Volume 3, nomer 1, Maret 2014

Irawati, L., Julizar dan Miftah I., 2011. Hubungan jumlah dan lamanya merokok dengan viskositas darah. Majalah Kedokteran Andalas. 35(2), pp: 137-146

NS Neki. (2002) Lipid Profile in Chronic Smokers Density Lipoprotein – cholesterol after Smoking Cessation among Adult Men From-A Clinical Study. From:medind.nic.in.jac/t02i1p51.pdf




DOI: https://doi.org/10.26630/jak.v10i2.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arum Pravitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
   
 
 
Published by: Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang

Alamat: Jl. Brigjend. Soetiyoso No. 1 Kota Metro, Lampung, Indonesia

Phone: 0725-41819,E-mail: jurnal_ak@poltekkes-tjk.ac.id


Jurnal Analis Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.