Pengetahuan Ibu Hamil tentang Gizi Selama Kehamilan pada Salah Satu Desa di Kabupaten Garut

Lilis Mamuroh, Sukmawati Sukmawati, Restu Widiasih

Abstract


Asupan nutrisi yang cukup adalah fakor yang sangat penting yang mempengaruhi kehamilan. Wanita dengan kehamilan usia dini atau berjarak dekat berada pada faktor resiko memasuki kekurangan cadangan butrisi. Deplesi nutrisi ibu dapat berkontribusi pada peningkatan insiden kelahiran prematur dan reterdasi pertumbuhan janin serta peningkatan resiko kematian ibu dan morbiditas.Nutrisi memainkan peranan utama dalam kesehatan ibu dan anak. Status gizi ibu yang buruk telah terkait dengan hasil kelahiran yang merugikan namun, hubungan antara gizi ibu dan hasil kelahiran yang kompleks dipengaruhi banyak faktor antara lain faktor biologis, sosial ekonomi, pengetahuan dan faktor demografi yang bervariasi dalam populasi yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan gambaran yang jelas tentang pengetahuan ibu hamil di sebuah desa pada Kabupaten Garut.Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif.Populasi yang diambil total sampling yaitu 29 responden Metoda pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument test dan pengolahan data dilakukan dengan metode distribusi prosentase. Hasil penelitian didapatkan bahwa secara keseluruhan tingkat pengetahuan ibu hamil dikatagorikan baik dengan prosentase 69 %


Keywords


Pengetahuan; Ibu Hamil; Gizi selama kehamilan

Full Text:

PDF

References


Almatsier, S. (2015).Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Arisman.(2010). Buku Ajar Ilmu Gizi, Gizi dalam Daur Kehidupan. Jakarta: EGC.

Ilmiani, TK. (2019). Hubungan Pengetahuan Gizi Ibu Hamil dengan Peningkatan Berat Badan Selama Kehamilan di Puskesmas Bandar Lampung. Skripsi, Universitas Lampung.

Notoatmodjo.S. (2003). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka. Cipta.

Purwanti, I. Macfoedz, I & Wahyuningsih. (2014). Pengetahuan Tentang Nutrisi Berhubungan dengan Status Anemia Pada Ibu Hamil di Puskesmas Sewon II Bantul Yogyakarta Tahun 2012. Jurnal Gizi Dan Dietetik Indonesia, 62-67.

Wahyudi, AS. Suarilah, I. Mumpuningtias, ED & Astutik, MF. (2016). Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu Dalam Pemenuhan GiziSelama Kehamilan Melalui Promosi Kesehatan. Jurnal INJEC, 178-186.

Wahyuni, S. (2008). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Gizi dengan Status Gizi Ibu Hamil Trimester IIIdi Puskesmas Colomadu II Karanganyar, Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26630/jkep.v15i1.1544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik  Politeknik Kesehatan Tanjung Karang:

ISSN Print 1907-0357 || ISSN Online 2655-2310
Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Bandar Lampung Cq. Dewan Redaksi Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik Poltekkes Kemenkes Tanjungkarang. Telepon 0721-703580, email: jurnalkeperawatan@poltekkes-tjk.ac.id


View My Stats 

Anti Plagiarism & Grammar

   

Flag Counter
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.