Editorial Policies

Focus and Scope

Fokus dari jurnal ini adalah penyebaran informasi yang berkaitan dengan penelitian di bidang keperawatan dan studi berbasis bukti termasuk pengembangan pengetahuan keperawatan, mencakup isu-isu khusus pada keperawatan dasar, keperawatan klien dewasa atau medikal bedah, keperawatan gawat darurat, keperawatan perioperatif, keperawatan kritis, keperawatan neonatal dan anak, keperawatan maternitas, kesehatan mental dan keperawatan jiwa, keperawatan keluarga dan keperawatan komunitas, keperawatan gerontik, administrasi dan manajemen keperawatan.
Jurnal juga mempertimbangkan penyajian pengetahuan yang berkaitan dengan penguatan terhadap pelayanan keperawatan yang meliputi SDM, kebijakan, pendidikan dan praktik keperawatan yang berfokus pada isu-isu global. 

 

Section Policies

Artikel

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Naskah yang telah diserahkan akan ditinjau oleh editor. Editor akan memutuskan apakah naskah sesuai dengan ruang lingkup dan fokus dan sesuai untuk ditelaah. Aktivitas awal ini biasanya memakan waktu dua minggu.

Naskah yang lolos tinjauan awal akan ditugaskan kepada minimal 1 reviewer/mitra bebestari dengan proses double-blind peer review. Berdasarkan hasil review, maka editor akan membuat keputusan editorial. Ada tiga kemungkinan keputusan editorial (1) naskah diterima, (2) diubah dan diserahkan kembali, atau (3) ditolak. Kegiatan ini memakan waktu 4-6 minggu.

Waktu untuk mencapai keputusan akhir tergantung pada jumlah rotasi ulasan, persepsi penulis, dll. Biasanya, jangka waktu sejak pengiriman sampai dengan keputusan akhir rata-rata 2-4 bulan.

Total waktu penyelesaian untuk menerbitkan naskah tergantung (selain faktor-faktor yang disebutkan di atas) pada tanggal pengiriman, jadwal publikasi jurnal, kepatuhan penulis pada pedoman publikasi, dll. Tinjauan dan pengiriman yang diterima diterbitkan oleh Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik rata-rata setelah 2-4 bulan.

 

Etika Publikasi

Pernyataan kode etik ilmiah (Publication Ethics) ini merupakan pernyataan kode etik semua pihak yang terlibat dalam proses publikasi Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik Politeknik Kesehatan Tanjung Karang yaitu pimpinan redaksi, editor, mitra bebestari, dan penulis. Pernyataan kode etika publikasi ilmiah ini berdasarkan COPE’s Best Practice Guidelines (Committe on Publication Ethics) serta Peraturan Kepala LIPI Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kode Etika Publikasi Ilmiah, yang pada intinya Kode Etika Publikasi Ilmiah ini intinya menjunjung tiga nilai etik dalam publikasi, yaitu (i) Kenetralan, yakni bebas dari pertentangan kepentingan dalam pengelolaan publikasi; (ii) Keadilan, yakni memberikan hak kepengarangan kepada yang berhak sebagai pengarang/penulis; dan (iii) Kejujuran, yakni bebas dari duplikasi, fabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme (DF2P) dalam publikasi.

Tugas dan Tanggung Jawab Pimpinan Redaksi

  1. Bertanggung jawab atas data dan informasi yang disajikan;
  2. Melakukan evaluasi dan pelaporan kegiatan Jurnal Kesehatan;
  3. Bertanggung jawab terhadap mekanisme dan aktivitas kerja keredaksian sehari-hari;
  4. Menetapkan kebijakan dan mengawasi seluruh kegiatan redaksional;
  5. Melakukan penyuntingan akhir dan pracetak/online;
  6. Melakukan penjaminan mutu proses, cetak, dan terbitan.

Tugas dan Tanggung Jawab Editor

  1. Melakukan editing atau penyuntingan, yakni penyeleksian dan perbaikan naskah yang akan dimuat;
  2. Melakukan pengumpulan data dan informasi terbaru dan mutakhir yang berkaitan dengan tupoksi masing-masing bidang / bagian dan kelompok jabatan fungsional;
  3. Menyampaikan bahan informasi untuk pemutakhiran data dan informasi penting untuk pengembangan Jurnal Kesehatan;
  4. Bertanggung jawab penuh atas isi rubrik tertentu dan editingnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Penyunting Pengelola/Copy Editor

  1. Menangani semua surat-menyurat tentang penyuntingan dengan penulis;
  2. Mengolah naskah, khususnya pada penyuntingan format dan bahasa;
  3. Mengolah naskah untuk percetakan;
  4. Menghubungi percetakan atau penerbit;
  5. Melakukan peng-input-an bahan informasi naskah dari narasumber dan bertanggung jawab atas keabsahan dari bahan informasi tersebut;
  6. Melaksanakan proses administasi pada kegiatan Jurnal Kesehatan.

Tugas dan Tanggung Jawab Mitra Bebestari/ Reviewer

  1. Mendapat tugas dari editor untuk menelaah artikel ilmiah dan menyampaikan hasil penelaahan kepada editor, sebagai bahan penentuan kelayakan suatu artikel ilmiah untuk diterbitkan.
  2. Penelaah tidak boleh melakukan telaah atas karya tulis yang melibatkan dirinya, baik secara langsung maupun tidak 
  3. Menjaga privasi pengarang dengan tidak menyebarluaskan hasil koreksi, saran, dan rekomendasi dengan memberikan kritik, saran, masukan, dan rekomendasi
  4. Mendorong penulis untuk melakukan perbaikan artikel ilmiah
  5. Menjamin prinsip kebenaran, kebaruan, dan keaslian; mengutamakan manfaat karya tulis bagi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi; serta memahami dampak tulisan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan
  6. Artikel ilmiah ditelaah secara tepat waktu sesuai gaya selingkung terbitan berdasarkan kaidah ilmiah (metode pengumpulan data, legalitas pengarang, kesimpulan, dan lain-lain.).

Tugas dan Tanggung Jawab Penulis

  1. Memastikan bahwa yang masuk dalam daftar penulis memenuhi kriteria sebagai penulis;
  2. Bertanggung jawab secara kolektif untuk pekerjaan dan isi artikel meliputi metode, analisis, perhitungan, dan rinciannya;
  3. Menyatakan asal sumber daya (termasuk pendanaan), baik secara langsung maupun tidak langsung;
  4. Menanggapi komentar yang dibuat oleh para mitra bebestari secara profesional dan tepat waktu;
  5. Menginformasikan kepada editor jika akan menarik kembali karya tulisnya;
  6. Membuat pernyataan bermaterai bahwa karya tulis yang diserahkan untuk diterbitkan adalah asli, belum pernah dipublikasikan dimanapun dalam bahasa apapun, dan tidak sedang dalam proses pengajuan ke penerbit lain.